Cara Mudah Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi Cara Mudah Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi | Cara Hidup Sehat

Thursday, December 24, 2015

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi

Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi
Dalam aktivitas sehari-hari masih banyak yang melupakan pentingnya kesehatan gigi dan gusi padahal ketika memasuki usia dewasa gigi tidak dapat tumbuh lagi, tentunya akan sangat beresiko jika gigi kita mengalami masalah untuk itu ada cara menjaga kesehatan gigi yang mudah dilakukan untuk kesehatan gigi. Menggunakan Benang Gigi atau Flossing Sebelum Menyikat Gigi

Hal ini bertujuan untuk mengeluarkan sisa makan yang ada di sela-sela gigi dan menggosok gigi lebih efektif, lakukan hal ini setiap sekali atau dua kali sehari.

Tusuk Gigi

Manfaat tusuk gigi yaitu membantu untuk membersikan sela-sela gigi, caranya pakai dengan cara perlahan-lahan karena jika anda tidak hati-hati dan kasar maka dapat melukai gusi anda. Tusuk gigi juga bisa digunakan sebagai alternatif pengganti dari benang gigi.

Menyikat Gigi

Menyikat gigi yg teratur juga punya pengaruh pada kesehatan gigi serta gusi untuk itu ketika menyikat gigi pastikan gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride, pilihlah sikat gigi yang memeliki bulu lembut serta nyaman dan sikat gigi minimal dua kali sehari yaitu setelah makan pagi dan sebelum tidur.

Mengganti Sikat Gigi

Penggantian sikat gigi agar terhindar dari kuman yang menempel di bulu sikat, gantilah sikat gigi setiap dua atau tiga bulan sekali.

Gunakan Obat Kumur

Jika memungkinkan memiliki biaya lebih maka gunakanlah obat kumur setelah sikat gigi, atau minimal seminggu sekali berkumurlah karena dengan berkumur plak dan karang gigi dapat di cegah. Selain itu dengan obat kumur juga bermanfaat untuk kesehatan gigi dan mulut karena dapat membunuh bakteri dan memberikan kesegaran pada mulut.

Menghindari Noda Pada Gigi

Perlu di ketahui minuman dengan gula tambahan seperti jus , kopi, teh, dan makanan manis dapat meninggalkan plak dan asam pada gigi, untuk itu sebaiknya dikurangi, atau bersihkan gigi menggunakan baking soda setiap dua minggu sekali caranya seperti menggunakan pasta gigi, jika ada iritasi maka gunakan pasta gigi yang mengandung baking soda. Selain itu memberikan jeda antara makan dan mengemil sekitar 1 jam karena dapat mengurangi asam pada gigi.

Makanan Sehat Untuk Gigi

Mengomsumsi makanan untuk kesehatan gigi seperti vitamin dan mineral terutama vitamin A, vitamin C dan vitamin D akan sangat membantu menjaga gigi dan gusi anda tetap sehat.

Jika semua tips memelihara kesehatan gigi di lakukan dengan konsisten dan teratur jadi gigi dapat terhidar dari permasalahan kesehatan gigi dan akan terus terjaga kesehatannya.

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: wanasta

0 comments:

Post a Comment