Info dan Tips Cara Menjaga Kesehatan Mata Dengan Benar Info dan Tips Cara Menjaga Kesehatan Mata Dengan Benar | Cara Hidup Sehat

Tuesday, December 22, 2015

Info dan Tips Cara Menjaga Kesehatan Mata Dengan Benar

menjaga kesehatan mata

Dalam kehidupan kesehatan mata sangatlah penting untuk menunjang aktivitas kita tapi bagaimana jika sampai mata mulai kehilangan kemampuannya, hal ini akan memberikan dampak yang tidak di inginkan. Tapi jangan khawatir dulu karena ada tips menjaga kesehatan mata agar mata selalu sehat.

Agar mata tetap sehat, ada cara merawat kesehatan mata yang mudah di lakukan yang akan sangat efektif jika dilakukan dengan konsisten.

1. Jangan Terlalu Lama Di depan Komputer atau Televisi


Bagi anda yang sering menatap layar komputer atau televisi ada baiknya untuk mengurangi kebiasaan ini karena akan berpengaruh pada kesehatan mata jika berlama-lama maka mata akan cepat lelah dan berakibat buruk untuk mata anda, tapi bagi anda yang harus bekerja di depan layar maka sebaiknya setiap 1-2 jam untuk mengistirahatkan mata dengan cara melakukan aktifitas lain selama 5-10 menit agar mata tidak terfokus pada layar saja.

2. Kurangi Memakai Lensa Kontak dan Kacamata Terlalu Lama


Karena pemakaian lensa kontak atau kacamata terlalu lama dapat membuat kondisi pengelihatan kita akan semakin menurun, selain itu hal ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada mata anda.

3. Jagalah Mata dari Debu dan Sinar Matahari


Secara tidak langsung terkena debu terus menerus dapat menginfeksi dan meningkatkan resiko katarak pada mata, maka dari itu gunakan pelindung mata ketika anda berada pada lingkungan yang terdapat banyak debu. Sinar UV dari matahari juga tidak baik karena dapat menyebabkan katarak, pengerasan lensa, dan juga mengurangi daya pengelihatan jadi gunakanlah kacamata hitam untuk menjaga kesehatan mata ketika berada di bawah sinar matahari secara langsung dan dalam waktu yang lama.

4. Jangan Membaca Dengan Jarak Dekat dan Cahaya Redup


Agar mata kita tetap sehat, maka sebaiknya hindari kebiasaan ketika membaca dengan posisi tiduran dan malas-malasan karena hal ini tidak di anjurkan, membaca dengan cahaya yang redup juga akan menyebabkan mata tegang, selain itu jarak yang dekat ketika membaca akan membuat mata tegang dan cepat lelah, dan ketika mata terasala lelah sebaiknya untuk berhenti dan beristirahat sebentar.

5. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Obat Tetes Mata


Memang obat tetes mata dapat meredahkan mata merah tapi jika di gunakan berlebihan dapat mengganggu kesehatan mata.

6. Mengkonsumsi Makanan yang Sehat untuk Mata


Makanan yang kita konsumsi juga berpengaruh pada mata, jadi untuk menjaganya maka mengomsumsi makanan untuk kesehatan mata dapat membantu mengurai resiko terkena penyakit yang menyerang mata, untuk itu konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A seperti yang bisa di dapat dari alpukat, wortel, sayuran hijau, telur, tomat, dan ikan salmon.

7. Olahraga Mata


Melakukan olahraga sangat baik, karena dapat menjaga kesehatan tubuh dan juga kesehatan mata, cara melakukan olahraga mata juga sangat mudah yaitu melihat pada objek yang dekat lalu pidah pengelihatan anda ke objek yang agak jauh lakukan proses ini berulang-ulang. Selain itu olahraga ringan seperti jogging, treadmill, dan gym juga bermanfaat.

Sangat mudah bukan cara menjaga kesehatan mata diatas, untuk itu terapkan cara-cara diatas dengan konsisten agar mata anda selalu sehat dan anda dapat beraktivitas selalu. Semoga dengan informasi ini pengetahuan anda bertambah dan bermanfaat.

Info dan Tips Cara Menjaga Kesehatan Mata Dengan Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: wanasta

0 comments:

Post a Comment